Thursday 20 November 2014

Pengalaman seleksi beasiswa ASEAN Scholarship MOE Singapura

Pengalaman ikut seleksi beasiswa MOE Singapura AY2015...

ini cuma pengalaman pas SELEKSI doang...

SELEKSI doang...
karena gue gak lolos tahap terakhir... (T_T)

ini beasiswa bisa mengirim kamu SMA ke singapura, salah satu negara yang memiliki pendidikan yang paling baik dan diakui dunia. klo keterima kamu bisa tinggal di singapura, sekolah di singapura, dan dapet uang saku dollar singapura (meskipun ga seberapa, katanya). Meskipun ntar kamu harus ngulang kelas 3 SMP, tapi kapan lagi sih, bisa ke singapura dibayarin? So, klo ada kesempatan dan didukung ortu, daftar aja! Soal keterima ga keterima belakangan!


http://www.moe.gov.sg/education/scholarships/asean/ <--- cek dulu websitenya nih.


Oke, jadi intinya ada 3 tahap seleksi:

1. Seleksi administrasi
2. Seleksi tertulis
3. Seleksi wawancara <---gw cuman sampe disini (T_T)

1. Seleksi administrasi

owkay, disini sainganmu banyaaaaaakk banget, jutaan gitu, oke, mulai alay. Pokoknya ini tahap pertama, pertarunganmu yang pertama!

klo aku baca di blog lain sih katanya yang dilihat nilai UN-mu dan itu tuh, iya itu, kegiatan ekstrakulikuler. Gile aja! trus kuinget-inget.... ternyata waktu SMP aku klo ikut eskul ga pernah sampe selese, jadi yah, gitu deh.... gak gue isi...


Tapiii~ nilai UN SMP gw kan bagus gituh (38,25) jadi secara ajaib, aku bisa lolos tahap pertama tanpa ngisi kolom eskul, hehe...


Di situ ditanyain macem-macem, sampe ke ras dan suku, buset rasis bener. Tapi denger-denger sih emang orang Singapura sebagian rada rasis, SEBAGIAN. Jadi mungkin klo kamu Chinese mungkin punya nilai plus plus~


Jadi, coba aja isi dengan sebagus mungkin, tapi jangan bo'ong ya, nanti dimintain dokumen pertanggungjawaban soalnya.

2. Seleksi tertulis

diadain di beberapa kota, Jakarta, Medan, Surabaya. aku sih tesnya di Surabaya~ pas itu pertamakalinya ke Surabaya lohh, aku jalan ke pasar atom ato apalah itu namanya, yang gede dan luas dan bikin orang nyasar-nyasar gaje.

klo kamu lulus seleksi yang diatas itu dan dapet e-mail dan surat, berarti kamu cukup bejo ato emang kompeten. harusnya dikasih tau paling lama seminggu sebelom tes, klo kamu ga lolos ga bakal dikabarin, jangan berharap terlalu banyak kalo kamu gak yakin sama dirimu sendiri, kalo kepedean dan ga lolos itu, sakiiiit... (pengalaman gue) jadi jangan pamer, pamernya nanti aja kalo udah nyampe Singapore.

yang di-tes-kan ada 3, MTK, B.Ing, dan General Ability Test. KAMU HARUS BELAJAR!! HARUS!!!! (MTK gue cuman keisi setengahnya)  dan ntuh tes berbahasa inggris. emang dikasih lembar terjemahan vocabulary gitu sih, tapi bisanya buat diketawain aja biar gak tegang.

General Ability Test itu tes IQ gitu, jadi klo yang ini pasrah aja. buat MTK sebaiknya belajar sesuai kurikulum kelas 3 SMP mereka, latihan soal-soal mereka, cari di google! kalo enggak, pas ngadepin soal lo bakal nyesel, percaya ama gue yang udah pengalaman. trus b.inggris, dibagi 2, gramatical test kalo gak salah, sama nulis essay. nasehat saya, perbaikin grammarmu, perbanyak kosakatamu, ya mau gimana lagi, cuman gitu caranya. trus untuk essay, be creative! lo harus bisa sekreatif mungkin, tapi masih ngikutin aturan main mereka. orang singapore kebanyakan suka sesuatu yang rapi dan sesuai dengan perintah. kalo diminta bikin essay 300 kata, kalo lebih ato kurang jangan banyak-banyak, bisa di minus. 



saiki teknis e, setelah membaca semua instruksi yang tertulis si surat panggilan, pastikan, benar-benar pastikan, kamu bawa baju anget kalo kamu bukan orang eskimo. hotel tempat diselenggarakan tes tu pasti hotel bagus, jadi AC-nya adem. tapi ada aja bocah-bocah yang cuman pake seragam SMA yang tipiss itu, merinding liatnya. oh, dan jangan lupa mampir kamar mandi dulu ya~!

disini kamu boleh pake seragam, ataupun baju bebas. tapi inget ya, tetep sopan! yaudah segitu aja buat seleksi tertulis. yang lainnya klo mau tanya bisa comment kebawah.

3. Seleksi wawancara

duh yang satu ini bikin luka lama bersemi kembali, loh? yah di sini adalah saat-saat paling krusial. yang ini diadain di Jakarta, jadi gue sekalian mampir monas aja.

oke, so pasti yang perlu diperhatikan pertama adalah kelengkapan surat-suratmu, ntar surat-surat yang kamu cantumin di pendaftaran waktu pertama kali harus dibuktikan, sebaiknya bawa fotokopinya masing". jadi sekali lagi gue ingetin, jangan sampe lo bohong didepan, udah pasti tuh beasiswa melayang.

kedua, lo sebaiknya tampak pinter dan meyakinkan meskipun bahasa inggrismu berantakan. pakaian mu yang rapi, disetrika, pake parfum jangan banyak-banyak, keramas dulu, coba pake kacamata biar kece, kalo perlu sekalian pinjem arloji emas bapak lo! jangan lupa senyum, dan sopan santun.

ketiga, banyak latihan. serius, latihan. gue nyepelein latihan dan akhirnya semua kosakata yang gue kumpulin bertahun-tahun gak kepake cuman gara-gara nervous, abis yang ngewawancara orang ganteng. hehe bercanda :3 (biasanya yang ngewawancara 3 orang, satu yang ngomong, satunya bagian administrasi, dia yang ngumpulin  berkas-berkasmu, dan nyatet hasil wawancaramu nanti. satu lagi biasanya ahli psikologi, sesekali kasak-kusuk sama yang ngomong.)

kamu bisa latihan didepan cermin, nyewa guru les, latihan sama eyang lo, ato yang rada ekstrem, kalo ngomong lo selalu pake bahasa inggris, ga peduli sama siapa, dimana, ato kapan, bahkan sama pak polisi. pede aja lagi. yang harus dilatih itu mentalmu! disini kamu harus yakin kalo kamu bisa! ayo semangat! jangan cemberut sambil baca ini! smile! do your best!

May the odds be ever in your favor.

113 comments:

  1. Kak berapa lama sih kakak nyiapin diri buat scholarship ini? Trs, formulirny dpt drimna? thanks before :)
    *ps: salut deh kaak bisa sampe interview :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ! Mau bantu jawab aja nih,
      Kamu search aja di google " ASEAN Scholarship for Indonesia" nanti dia kluar hasil search dr website official dinas pendidikan Singapore:) sudah mulai buka loh pendaftaran onlinenya:D

      Delete
    2. Iya makasih non~!!
      Bener tuh kata Irene, googling aja banyak", googling itu penting utk nyari informasi.
      Websitenya ini nih, daftarnya online http://www.moe.gov.sg/education/scholarships/asean/indonesia/

      Kalo aku, kemaren nyiapinnya gasempet lama-lama, paling cuman bisa 1-2minggu aja, soalnya sibuk daftar SMA dan ospek SMA juga...jadi nyesel nih dulu persiapan ga maksimal :") ayo kamu coba daftar aja, kalaupun ngga lolos kan bisa dapet pengalaman seleksi beasiswa yang akan berguna di kemudian hari ;)

      Delete
  2. Kak, pas interview ditanyain apa aja sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kali biasanya kamu akan disuruh memperkenalkan diri, usahain kamu tampak luwes dan percaya diri. Terus si interviewer akan tanya kenapa kamu layak dapet beasiswa ini. Pertanyaan ini adalah inti dari interviewnya, kalo mereka keliatan ragu", kemungkinan dapet beasiswa makin kecil ato nggak sama sekali. Kamu harus bisa bikin si interviewer yakin bahwa kamu layak dapet beasiswa ini. Dan inget juga untuk selalu senyum dan sopan :)
      Goodluck!

      Delete
  3. Kak mau nanya, kata kakak kan gaboleh boong tuh dr awal, soalnya bakal diminta dokumen pertanggungjawabannya, nah aku kan udh optimis nih kalo nemku kecil nantinya. Jadi aku pake history CCA ku diskolah ajakan, apalagi aku pas msh ikut PMR, aku jd ketua umumnya. Jdkan siapa tau jabatanku dulu bisa nambah point, nah itu tuh aku mesti minta surat keterangan kalo emg bener ikut itu dan menjabat bagian itu di PMR biar meyakinkan, atau gausah kak? siapa tau iseng iseng kpanggil buat ikut test seleksi, lumayan nambah pengalaman kak :D
    Jd gmn? Aku mesti minta surat ke pembina ekstra ku atau gausah ya?

    ReplyDelete
  4. Trs juga aku di skolah prnh jd wakil ketua osis kak. Kalo ngejabat bagian yg tinggi, bisa aja nambah nilai, bener gak kak? Soalnya dgr2, kalo nemnya kecil, die liat dr keaktifan ikut kurikular activitynya.. Jd aku prlu ngcantumin jabatanku di osis skolah ku ini apa gaperlu ya kak?
    Btw kakak punya line gak? Aku mau consult nih:') kalo boleh, bagi ya kak:D soalnya pengen iseng ikut AY2016 :D

    ReplyDelete
  5. kak, kalo misalkan dapet beasiswa ini nanti kuliahnya gimana kak?di Singapore lagi atau gimana?terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teegantung dek, bisa aja kamu kuliah lagi disana kalau mampu, entah biaya sendiri atau cari beasiswa lain. Tapi klo beasiswa ini setahuku cuma untk sma aja :)

      Delete
    2. Kakk... tes nya biasanya di laksanain di hotel apa?

      Delete
  6. nulis essay nya dalam bahasa inggris juga ? atau pake bahasa indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa inggris, yang nyelenggarain kan singapore, negara yg memakai bahasa inggris :)

      Delete
  7. Kak, general ability test itu kea gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman tes IQ kok dek. Kalo pingin latihan coba search di google pasti ada :)

      Delete
  8. Kalian yg diatas udah lolos tahap administrasi ya?

    ReplyDelete
  9. yg ikut ay2016 udah ada yg dapet email pemberitahuan ga?

    ReplyDelete
  10. kakkkk, aku bingung belajar mtknyaa, padahal besok udah testnya -_- wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sori kirana, komenmu baru kubaca sekarang. Gimana tes matematika nya? Susah ya? Semangat terus ya, kalau gagal pun masih banyak beasiswa lainnya diluar sana kok :))

      Delete
  11. bang this is my dream to be there . pengen tau seluk beluk nya bang please . sekarang deg degan minta ampun walaupun masih "lama" email sini ya : raymond.tanujaya88@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Kak, dulu kakak tes bahasa inggrisnya lancar ga ngejawabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu sih lancar aja, soalnya sering baca manga pake bahasa inggris. Tapi mungkin grammarnya agak berantakan :))

      Delete
  13. kak,aku mau nanya, kalo misalnya udah dapet beasiswanya, terus nilai aku pas disana jelek.kira-kira bakal dicabut gak beasiswanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya iya, karena setiap hasil ujian akan dilaporkan ke MOE, jadi kalau nilai gak bagus bisa dicabut gitu beasiswanya......

      Delete
  14. Brp nilai rapot kk dulu wktu ikut persyaratan beasiswa ini ?
    aku takut nilai ku g bisa msuk prsyaratan...
    Apa hrus mnsertakan sertifikat TOEFL / kmampuan akademik lainnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf,mau ikut bales aja
      kalo aku dulu nilai rapot rata-rata 9
      tapi kalo nggak salah, yanng lebih dilihat itu kayanya NEM dan kalo nggak salah juga, aku denger informasi kalo diatas 35 itu udah bakal dapet surat panggilan tes (tapi kurang tau juga sih)
      maaf aku ikut-ikutan

      Delete
    2. wah berapa ya, seingatku diatas 8 kok, cuma UN SMPku 38.25 jadi bisa lolos administrasi. kalau punya sertifikat gitu kamu sebutin kalau ada kolom prestasi di form nya dan baiknya dibawa pas wawancara, siapa tau bisa ditunjukin ke pewawancaranya :)

      Delete
  15. disana mayoritasnya beragama apa? Kalu pake jilbab gk apa- apa?Soalnya aku liat kayak gk ada yang pake jilbab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal mayoritas agama mereka apa, kamu browsing aja di google. pake jilbab gak masalah, waktu aku tes ada satu-dua staff yang pakai hijab juga kok!

      Delete
  16. Kak, katanya dilarang pakai hijab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak jasmine, gaada larangan memakai jilbab kok!

      Delete
  17. Kak, katanya dilarang pakai hijab?

    ReplyDelete
  18. kakk boleh minta id line gak? mau nanya2 soalnyaa makasihh kak

    ReplyDelete
  19. Kak mau minta id line boleh? Hehe.. Kak pas wawancara pake bhs inggris ya? Terus kalo tes tertulisnya semuanya bhs inggris ya? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua memakai bahasa inggris, non :)

      Delete
  20. lah gua gimana coba un cuma 345, nilai rapot rata2 8 lebih dikit smua, dari administrasi aja gua udah gayakin kayanya :\ menurut kaka kira kira lolos ga tes pertama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, aku bukan panitia sih, tapi logikanya kan kalau yang daftar banyak dan yang pintar banyak juga, bisa dikira-kira sendiri ya ;)
      Semangat terus!!

      Delete
  21. Temen2 udah pada dapet suratnya belumm?

    ReplyDelete
  22. loh, kalau kamu daftar untuk yang tingkat sma seharusnya kan ketika sudah hampir lulus smp, non.
    coba dicermati lagi websitenya :)

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Kak maaf ganggu,aku mau nanya,kakak pas keterima seleksi administrasinya,tanggal berapa ya? Kira kira bulan juli atau agustus kak? Deg degan soalnya hehe.. terimakasih kak sebelumnya..

    ReplyDelete
  27. ka yang pas interviewnya itu interviewernya orang indo atau bukan?

    ReplyDelete
  28. Kak kan belajar mtk nya kurikulum sana, kurikulum sana kayak gmn ya kak??

    ReplyDelete
  29. ka aku mau ikut AY2017 asean buat SMA di singapura itu cara pendaftaran cetak formulir sama registrasi itu gmn?

    ReplyDelete
  30. Kak, kalau beasiswa harus pas abis kelas 3 smp langsung daftar gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! bantu jawab ya, keterangan tgl pendaftaran dll sudah ada di web, bisa di cek yaa, ayo pendaftaran bentar lg tutup! goodluck

      Delete
  31. Ka buat masalah registrasi.. paspor nya kalo blm ada gmn?

    ReplyDelete
  32. Kak, kolom CCAs in school itu cuma ekstrakulikuler aja atau bisa juga diisi osis & kegiatan organisasi lain?

    ReplyDelete
  33. wah jadi kepengen ikut yang tahun 2017 :)! Kalo nilai UN agak rendah tapi rapot lumayan lah rata rata 8 gtu kira kira bisa lolos nggak ya? Bhs inggrisnya juga kalo kurang lancar kira kira lolos juga gak tuh? makasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! aku bantu jawab ya aku salah satu yang daftar di ay2017 ini dan yap aku udah mengikuti infonya dari thn2 sblmnya jadi aku tau bbrp hal.

      Masalah nilai menurutku lebih baiknya di. oba dulu gaada salahnya jg kan? aku denger memang nilai un tahun ini lg menurun jdi coba aja, untuk fasih bahasa inggris, latihan mulai dri skrg beli aja buku buku convo inggris atau googling. goodluck! (ayo bentar lg pendaftaran di tutup)

      Delete
  34. kak, saya baru liat eligibility untuk ASEAN scholarship, kok eligibilitynya bilang harus born in 2001-2003, jadi kalau saya lahiran 2000 gimanaa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      aku bantu jawab ya, sepertinya km udah gabisa ikut karena kelahiran 2000 terhitungnya sudah masuk ke kls 12 dan coba aja ikut yg pre univ?

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Kakk, mau tanya dong, lewat WA boleh nggak? Nomor ku 083830096361. Iosi Pratama

    ReplyDelete
  37. kak aku nggk punya telepon rumah dan itu waktu registernya ada kolomny abuat telepon rumah, mohon bantuannya kak?

    ReplyDelete
  38. kak bantuin ngisi educational background dong. yang 3 sekolah itu, yang pertama school 1 itu sd, yang school 2 itu smp?

    ReplyDelete
  39. Ka... Waktu disana, boarding school ya?

    ReplyDelete
  40. kak, tes awal yang katanya ngisi nem, ekskul dll itu online? eh gk ya? trs klo gk itu dmn? d jogja?

    ReplyDelete
  41. hi kak! informative banget nih makasih yaa! btw nanti kl misalnya berhasil dapet beasiswanya, apakah akan disediakan asrama? makasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
  42. Apakah sudah ada yg dapat email utk beasiswa 2017??

    ReplyDelete
  43. Oi kak, wkt kk seleksi yg dikasih soal" tntg pengetahuan umum, ad yg aneh soalnya? Coba jelasin yg mn anehnya?

    ReplyDelete
  44. tadinya aku pede banget mau tes beberapa hari lagi. Tapi kok ngeliat tulisan kakak jadi degdegan ya??

    ReplyDelete
  45. kak, itu berdasar nem ya? nggak pake nilai rapot?

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. bisa nanya kak, kalau soal tes matematika dan tes kemampuan dasar berbahasa inggris atau bahasa indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ..yg daftar tahun ini ud ada yg dpt undangan blm?

      Delete
  48. sudah dapatnya hari ini

    ReplyDelete
  49. UD dpt ya,tesnya hari apa ya?Terus waktu daftar ada kirim dokumen langsung ke sg gak?klu boleh tahu nemnya brp ya?Selamat ya!

    ReplyDelete
  50. Terima kasih ya. Tesnya tanggal 5 Agustus. NEM saya 37.0. Saya tidak mengirim dokumen apapun ke Singapura.

    ReplyDelete
  51. Apa sdh ada lagi yang dapat surat undangan tes?

    ReplyDelete
  52. Kak aku boleh minta kontaknya kakak?aku mau tanya tentang Asean scholarship. sekarang aku kelas 3 SMP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aku boleh minta kontaknya kakak?aku mau tanya tentang Asean scholarship. sekarang aku kelas 3 SMP.

      Delete
  53. Ka berarti kita daftarnya pas udah kelas 1 SMA ya?bukan pas kelas 3 SMP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  54. Kakk, sy sekarang kelas 3 smp,beberapa minggu lagi mau ujian nasional, sy pengen banget daftar scholarship ini, sehari penuh sy telusuri beasiswa ini dan sy dapatkn di websitenya pendaftarannya sudah tutp 2018 yg lalu,soalnya sy jg baru tau klu ad beasisnwa kayak gini,tapi sy jg baca di sebuah blog yg bilang klu jalur biasa itu daftarnya setelah UN, bagaimana ya kak, apa memang masih bisa mendaftar?

    ReplyDelete
  55. Kak kalau kita daftar beasiswa ini kan prosesnya lama banget sampai bulan oktober ,gimana kalau nggak diterima? Apa kita daftar beasiswa ini sambil daftar di sekolah lain juga,kan sayang kalo nggak keterima,masa harus ketinggalan satu tahun

    Mohon jawabannya~~

    ReplyDelete
  56. Haloo aku juga mau coba beasiswa ini, tapi aku sendiri tetep nyari SMA di tmpt tinggal aku, dan kalo seumpamanya gak dapet ya aku sekolah di tmpt tinggal aku, tapi kalo dpt aku sih rencananya berhenti gitu sekolah di tmpt tinggal aku dan aku ambil beasiswa ini..

    Kamu sudah persiapan untuk beasiswa ini??

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Kak kl udah ngisi formulirnya kita tinggal tunggu atau harus kirim dokumen kyk akte, dll??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai? Boleh minta kontaknya engga? Line, wa, ig, dll yang ada. Ngobrol" sesama yg mau daftar scholarship ini hahah

      Delete
    2. Oh iya boleh
      @aprilika_718
      Itu ig aku

      Delete
  59. Kak itu tes pertama, tes administrasi lolosnya brp orang?

    ReplyDelete
  60. Kak mau nanya,di sekolah saya kalau pernah ikut ekskul ga pernah di kasih sertifikat atau data lainnya,kalau di mintai data nya gimana ka?
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  61. Kan itu bentrok dengan ppdb ya, berarti kita tetep daftar ppdb sma di indo, walaupun mau coba beasiswa di sana, karena kalau ga lulus gimana, ya kan?

    ReplyDelete
  62. Kak mau nanya lg,mau bljr nya gmn ya kak? Contoh soalnya dapet nya dimana kak? Soalnya saya nyari” di google ga nemu kak
    Makasih...

    ReplyDelete
  63. Aku udah daftar nihh tapi un ku cuma 35,7 trus kira kira materi matematika nya yang di test itu sampe materi trygonometri bukan ya?

    ReplyDelete
  64. kak aku ini dapet email kalo lolos ke tahap tes tertulis, tapi kok sender nya beda sama yg pas activation yaa.. Yang ini sender nya Allen ANG (MOE)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Khansa..klo boleh tahu panggilan tes tertulisnya di jakarta atau surabaya kah? Tgl berapa? Terimakasih.

      Delete
  65. Kak mau nanya, tes grammar ny pg kaya toefl gt ato isian ya? Terus esainya temanya apa ya kira2? Tks...

    ReplyDelete
  66. Kak kalau udh UN berarti kelas 1 Sma dong daftarnya ?

    ReplyDelete
  67. kak aku sekarang kan udaa smp kelas 3 aku pengen banget ke Singapore tapi aku nggak percaya diri terus aku mau Tanya tes nya susah susah nggak?

    ReplyDelete
  68. hai skrg aku baru kls 1 smp dan mau daftar buat dapetin beasiswa ini nnt pas kelas 3. nah saya sudah cari2 di google tentang beasiswa ini dan juga baca2 pengalaman org lain juga {seperti kakak} dalam 1 blog itu katanya bisa daftar sewaktu kelas 2 smp supaya tidak ngulang kelas 3 nah saya mau tanya apa itu bisa di lakukan (karna saya gk mau ngulang) mohon balasan nya kakak:)


















    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ! Saya mau membantu menjawab pertanyaan, untuk batas umur Beasiswa ASEAN ini bergantung dari tahun kelahiran, seingat saya batas tahunnya : 2004-2006 untuk tahun 2020, sehingga bagi anak murid kelas delapan sudah bisa mengikuti Beasiswa secondary 3 ( 9 SMP ) Sehingga tidak perlu diulang...

      Delete
    2. Maaf saya mau nanya kan katanya test tertulis itu september berarti kira kira pengumumannya kapan ya

      Delete
  69. Hai aku kan ikut scholarships yang sekarang aku mau nanya kalian udah pada dapet panghilan tes tertulis belum, jujur aja aku pengen banget dapet ini tapi kalo emg udh pada dapet panghilan dan aku belum kan berarti aku gak lolos wkwkwkw... yah nilai aku nyaris 9 tapi dulu aku aktif osis dan ekskul lain sampe ke luar negri, kalo emg gk dapet ya emg bukan rejeki. Please dong reply kalian yang ikut scholarships sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha masih blum ada panggilan ya. Mungkin ditunda atau dibatalkan tahun ini? Atau sdh ada yang terima emaol panggilan tes seleksi?

      Delete
    2. aku dapet email tahun ini dibatalkan untuk indonesia

      Delete
  70. Ka kalau mau interviw kan jauh misalnya di jakarta nah kalau biaya ke situ tanggungan sendirinya k

    ReplyDelete
  71. Mau tanya donk yang dilihat nilai UN SD/ SMP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang ikut untuk sma si diliat niali sidanira, karena gak ada nilai rapot

      Delete
    2. Maksudnya gak ada nilai UN

      Delete
  72. mw nanyannih dek...anak synkan sy daftar jg. tp kan tahun ini gk ada UN..jd gk ada nem..so kita hitung rata2 dari ujian trakhirx yah? kebetulan anak sy rata2 9 tp ada jg yg 8 komaan. gk ikut osis tp ikut pramuka n basket. tp suku bugis. dgr2 mrk kbh milih jawa ir sunda or chinese...emg bener yah!

    ReplyDelete
  73. mw nanyannih dek...anak synkan sy daftar jg. tp kan tahun ini gk ada UN..jd gk ada nem..so kita hitung rata2 dari ujian trakhirx yah? kebetulan anak sy rata2 9 tp ada jg yg 8 komaan. gk ikut osis tp ikut pramuka n basket. tp suku bugis. dgr2 mrk kbh milih jawa ir sunda or chinese...emg bener yah!

    ReplyDelete
  74. Kak, aku sempet baca di website lain katanya bakal keluar soal dri kls SMA 1, yang Matrix vektor sama trigonometri gitu, kira² keluar beneran ga ya kak? Soalnya kan blm pernah belajar itu aku

    ReplyDelete

yang nyepam bukan manusia loo~